Minggu, 05 Juni 2011

semua tentang nasi oyeng

MASTER PLAN TELOLIST FRIED RICE
Pada intinya, nasi goreng yang disukai oleh banyak konsumen adalah :
- banyak vetsin yang digunakan dalam nasi goreng.
- tidak terlalu banyak minyak dalam menggoreng.
- penggunaan campuran minyak wijen dalam minyak goreng.
- tambahkan banyak sayuran telur dan daging dalam nasi goreng.

KEUNGGULAN:
  • KONSEP UNIK, LUCU DAN MENARIK SEHINGGA JADI PUSAT PERHATIAN
  • PERTAMA BUKA DI JAMIN LANGSUNG RAMAI (TEKNIK PROMOSI JITU)
  • RASA DIJAMIN ENAK, BERBEDA DENGAN NASGOR LAINNYA (TERINSPIRASI DARI ASAM, ASIN DAN MANISNYA CINTA)
  • KEMASAN UNIK (kotak dus model cinta) DENGAN CARA PENYAJIAN PENUH RASA CINTA
  • GARANSI UANG KEMBALI (TERTULIS DALAM KONTRAK)
 FASILITAS
  • ROMBONG/GROBAK UNIK, KOMPOR GAS (TANPA TABUNG) DAN PERALATAN MASAK NASI GORENG.
  • PINJAM MEREK 2 TAHUN
  • SUPLAY BUMBU & KOTAK
  • SERAGAM KARYAWAN (BAJU, CELEMEK &TOPI)
  • PAKET PROMOSI USAHA (2000 BROSUR, 8 BUAH UMBUL2, 1 BUAH BANNER 1X4 METER
    SOP (MANUAL BOOK)
  • SISTEM PEMBUKUAN SIMPLE DAN UNIK
  • ROYALTY FEE 5%
     
 FASILITAS YANG DIBUTUHKAN
·         Lokasi yang berada di tempat Strategis
·         Tabung Gas
·         Luas tempat sesuai dengan ukuran Counter
·         Tenaga pelaksana (Karyawan) yang memenuhi kualifikasi Nasi Goreng Cinta
PERANAN FRANCHISOR PUSAT
·         Menyediakan Training Karyawan
·         Menyediakan Stok bahan baku utama (Bumbu dan kotak kemasan)
·         Melakukan Promosi Nasional
·         Melakukan survey lokasi
·         Melakukan Audit Controling Penjualan

PERANAN FRANCHISEE ( MITRA )
·         Mencari lokasi usaha yang Strategis
·         Mempersiapkan Tenaga Pelaksana (Karyawan) yang akan di training Franchisor
·         Melakukan pengawasan secara menyeluruh (Peralatan dan Disiplin karyawan
·         Melakukan Pembelian bahan baku Nasi Goreng Cinta
·         Bertanggung jawab atas hasil penjualan
·         Bertanggung jawab atas biaya tempat atau lokasi
·         Melakukan promosi kurang lebih radius 1km – 1.5km dari Counter (dibantu dengan 2000 brosur)
 

PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
KERJASAMA FEE Rp. 30.000.000,-
MODAL PER PORSI NASI GORENG CINTA
Bahan
Harga
NASI PUTIH
Rp. 1100
MINYAK GORENG
Rp. 250
BUMBU       
Rp. 500
KOTAK/DUS NASI   
Rp. 750
TELUR ½ BUTIR  
Rp. 400
AYAM GORENG SUWIR
Rp. 500
KRUPUK + ACAR
 Rp. 200
Cumi + Udang
Rp. 1200
TABUNG GAS
  Rp. 100
TOTAL
Rp. 5.000

JIKA DIJUAL Rp. 9.000 MAKA UNTUNG 45%
PERHITUNGAN BEP
JIKA HARGA JUAL NASI GORENG Rp. 9.000
100 PORSI X RP. 9000 = Rp. 900.000
MAKA KEUNTUNGAN BERSIH 45% - 5% (ROYALTY) = 40%
40%X Rp. 900.000 X 30 HARI = RP 10.800.000/BULAN
GAJI KARYAWAN MINIMAL 2 ORANG UNTUK 100 PORSI MASING2 Rp. 20.000/HARI ATAU Rp. 1.200.000/BULAN UNTUK 2 ORANG KARYAWAN
10.800.000 -1.200.000 = 9.600.000
DALAM 4 BULAN SUDAH BALIK MODAL
Dasar pemikiran

"Berpikir sesaat itu lebih baik dari pada beribadah setahun" (HR. Ibn Hibban)
"Kekuatan memikirkan sesuatu menguasai segala-galanya, ia menciptakan keindahan dan kebahagiaan yang menjadi segala-galanya di dunia ini" (Pascal)
"Kuasailah jalan Pikiranmu maka Anda akan sanggup melakukan apapun dengan pikiran Anda" (Plato)
"Kita perlu berusaha lebih serius membuang Pikiran-pikiran yang negatif dari benak kita, dari pada membuang tumor dari tubuh kita" (Epictetus)
"Manusia besar ialah mereka yang mengetahui Pikiran mengusai dunia" (Emerson)
"Biasanya orang menilai sesuatu dari apa yang dilihatnya. Semua orang mempunyai mata tetapi jarang yang mempunyai ketajaman pikiran" (Nicolo Machiavelli)
"Hati-hatilah dengan Pikiranmu, karena Pikiran dan angan-angan itu pada suatu saat akan menjadi kenyataan" (Emerson)
"Banyak orang pergi ke dokter, tidak memerlukan obat tetapi hanya perlu adanya perubahan Pikiran" (F.P. Gent)
"Tanam pikiran, tuai tindakan; Tanam tindakan, tuai kebiasaan; Tanam kebiasaan, tuai karakter; Tanam karakter, tuai nasib" (Samuel Smiles)
"Apabila seseorang berbicara ataupun bekerja dengan pikiran yang suci, dia senantiasa akan diikuti oleh kebahagiaan, laksana bayang-bayang yang tidak pernah meninggalkannya" (Buddha)
"Hidup kita adalah seperti apa yang diciptakan oleh pikiran kita, oleh karena itu binalah pikiran kita supaya dapat menciptakan hidup secara wajar dan mengagumkan" (Marcus Aurelius)
"Pikiran yang kreatif akan selalu hidup, walaupun dalam keadaan yang buruk" (Anna Freud)
"Orang yang tidak mau mengembangkan kebiasan berpikir, akan kehilangan kenikmatan hidup yang paling besar" (Edison)
Secara Detail Kami Akan Ajarkan Kepada Anda:
·         Bagaimana menyelamatkan tabungan Anda dari "perampok" yang tidak pernah ditangkap polisi, yakni INFLASI?
·         Bagaimana mempertahankan daya beli Uang Anda 10 bahkan 20 tahun yang akan datang? Kenapa simpanan Anda jangan dalam bentuk Tabungan atau Deposito?
·         Bagaimana hanya dengan Usaha nasi Goreng Anda bisa membeli 50 gram EMAS batangan setiap bulan senilai 17 Juta  (Harga EMAS batangan 24K pada saat artikel ini ditulis Rp 350.000/gram sementara keuntungan rata-rata dari nasi goreng yang bisa di sisihkan sekitar 6,5 Juta)
·         Kenapa harus EMAS? Bagaimana para pemilik EMAS tertawa ketika terjadi 2x Krisis moneter di Indonesia, sementara pemilik investasi lainnya (saham, reksadana, dsb) menangis? Betulkah EMAS tahan terhadap Inflasi (ZERO INFLATION)?
·         Bagaimana memilih jenis EMAS yang paling optimum untuk Investasi? Dimana membelinya? Dan bagaimana menjaganya dengan 99,99% aman tanpa harus khawatir dicuri?
Estimasi Alternatif
Kunci sukses:
Peka terhadap taste konsumen dan selalu gunakan bahan baku segar
Daya tarik:
Hanya butuh Rp 500 rb untuk menyiapkan bahan baku seperti mie, beras, daging dan bumbu-bumbu.
Bagaimana memulai usaha ini?
1. siapkan tempat yang menjual, bisa di teras rumah, atau menyewa lokasi strategis. biaya sewa tidak usah yang mahal sekitar 150rb atau 200rb
2. jika ingin berjualan keliling, maka bisa menggunakan gerobak dengan biaya pembuatan sekitar 1jt
3. siapkan berbagai peralatan seperti piring, wajan, gelas, talenan, plastik pembungkus, water jug, serbet, kursi, dll
4. cari bahan baku murah tapi berkualitas
5. dianjurkan pada awal penjualan, anda turun sendiri ke lapangan untuk melikat selera pasar dan mengetes rasa yang sudah anda buat apakah diminati orang. jika seseorang sudah cocok dengan rasanya, maka mereka akan merekomendasikan ke temannya untuk mencicipi masakan anda
6. anda juga bisa menambah variasi penjualan, seperti teh botol atau minuman ringan lainnya.
7. untuk meningkatkan pelayanan, bisa juga menggunakan jasa layanan antar, sehingga konsumen merasa dimudahkan.
8. jika penjualan sudah terlihat cukup ramai, maka anda bisa menggunakan nama anda menjadi merek masakan yang anda buat. sehingga, usaha anda akan semakin dikenal orang.
Apa saja peralatan yang dibutuhkan?
perabotan atau peralatan yang digunakan tergantung dari besarnya usaha. untuk modal 3jt, barang yang dibutuhkan sebagai berikut:
– 1 water jug
– 2 baki
– 1 serbet
– 1talenan
– 1 botol tempat saus
– 2 pisau
– 1 sealware bulat
– 1 sedotan fleksi
– 2 meja lipat kayu
– 1 kompor
– 1 wajan alumunium
– 1 tempat bumbu
– 1 dispenser
– 1 tempat sampah
– 6 gelas
– 13 kursi baso
– 1 alnis sealware
– 1 chineese turner
– 1 rice bucket
– 1 kig mug set
– 1 gerobak bambu
Bagaimana mendapatkan dan mempertahankan konsumen?
1. buatlah menu andalan, tidak harus yang mewah, yang penting dimasak dengan sesuatu yang berbeda dan unik
2. bisa juga dengan membuat nama menu masakan yang unik sehingga bisa terus diingat, misalnya “ayam gosong”
3. anda juga memberikan fasilitas gratis seperti minuman atau pudding sehingga membuat pembeli senang. tentu saja modal pembelian bahan baku gratisan ini sudah dimasukkan ke harga jual makanannya
4. atur jam buka warung sehingga pembeli bisa menyesuaikan waktunya
Simulasi bisnis warung bakmi dan nasi goreng
Modal awal
– investasi barang tetap seperti gelas, kursi baso, dll –> Rp 3.200.000
– investasi barang tidak tetap (bahan baku) –> Rp 500.000
Total modal awal: Rp 3.700.000
Pengeluaran sebulan
– Belanja bahan baku Rp 100.000 x 30 hari –> Rp 3.000.000
– transportasi Rp 10.000 x 30 hari –> Rp 300.000
– Gaji karyawan @Rp 750.000 x 2 orang –> Rp 1.500.000
total pengeluaran sebulan: Rp 4.800.000
Pemasukan sebulan
Asumsi pendapatan harian @Rp 7000 x 50 porsi –> Rp 350.000
Pendapatan per bulan
Rp 350.000 x 30 hari —> Rp 10.500.000
Keuntungan per bulan
Rp 10.500.000 – Rp 4.800.000 = Rp 5.700.000
Balik modal: kurang dari 1 bln
Sumber Inspirasi
Siapa yang kenal nasi goreng, sesuai dengan perkembangannya nasi goreng pun mengalami penambahan variasi menu seperti nasi goreng seafood, nasi goreng keju, bahkan ada juga yang menawarkan nasi goreng strawberry.
Makanan tradisional ini sebenarnya berasal dari Tionghoa yang awalnya tercipta karena masyarakat Toinghoa yang tidak suka memakan makanan dingin dan sering membuang sisa nasi. Oleh karena itu dibuatlah nasi dengan campuran bumbu-bumbu dan kecap sehingga bisa dihidangkan kembali dalam keadaan hangat.
Walaupun begitu, kenyataannya di beberapa kota di luar negeri ada yang menjual nasi goreng dengan nama “nasi goreng” bukan dengan bahasa mereka, seperti jika dalam bahasa Inggris nasi goreng dituliskan fried rice.
Target Konsumen
Semua kalangan dan usia bisa menjadi target pasar peluang usaha nasi goreng ini
Info Bisnis
Lokasi usaha nasi goreng sebaiknya dekat dengan keramaian. Lokasi starteginya antara lain di pinggir jala raya, di dekat perkantoran, atau perumahan. Penjual nasi goreng bisa berjualan terpisah atau berkumpul dengan pedagang makanan lain.
Kelebihan
Menu nasi goreng biasa dicari orang  yang lapar dan malas memasak pada malam hari. Selain itu, cocok juga dimakan saat cuaca dingin, membuat hangat badan karena di masak pada waktu itu juga. Oleh karena itulah nasi goreng ini dan banyak di cari orang.
Kekurangan
Kebosanan pengunjung terhadap makanan ini. Dan persaingan pasar dengan produk sejenis
Pemasaranhttp://www.usahamakanan.com/wp-content/uploads/2011/02/nasi-goreng-strawberry-150x150.jpg
Promosi usaha nasi goreng antara lain dengan memasang spanduk atau papan nama di tempat usaha. Sediakan lampu dengan penerangan yang cukup saat berjualan pada malam hari sehingga dapat terlihat dari kejauhan. Jika perlu buat papan nama yang dilengkapi lampu.
Kunci Sukses
Buatlah rasa yang berbeda dengan yang lainnya, atau sesuatu yang unik. Atau bisa juga dengan membuat nama menu masakan yang unik sehingga bisa terus diingat, misalnya “Nasi Goreng Selimut”, “Nasi Goreng Gila” atau “Nasi Goreng Gulung”.
Analisa Usaha
Modal Awal:
Peralatan:
Peralatan Masak:
Kompor, Elpiji, Wajan, dll             Rp 1.800.000,00
Peralatan Warung:
Meja, kursi, piring, gelas, dll        Rp 1.200.000,00 +
Jumlah modal awal                      Rp 3.000.000,00
Biaya penyusutan selama 2 tahun:
(3.000.000 – Rp 0) / 2 = Rp 1.500.000 per tahun atau Rp 125.000,00 per bulan.
Perhitungan Laba/Rugi per bulan
Pemasukan satu bulan:
Perkiraan pendapatan bulanan:
Rp 8.000,00 x 40 porsi x 30 hari      Rp 9.600.000,00
Biaya produksi satu bulan:
Bahan baku:
Beras, daging, ikan, minyak, dll      Rp 2.280.000,00
Bahan penunjang:
Air minum, bumb, elpiji dll           Rp   700.000,00
Upah karyawan 2 @ Rp 600.000          Rp 1.200.000,00 +
Jumlah                                Rp 4.180.000,00
Laba kotor satu bulan                Rp 5.420.000,00
Biaya penyusutan
peralatan dan perlengkapan           Rp   125.000,00
biaya transportasi dll               Rp   650.000,00
Jumlah                               Rp   925.000,00 +
Laba bersih satu bulan               Rp 4.495.000,00

Mewaralabakan Nasi Goreng
Jumat, 02 Januari 2009 10:53 administrator
SurelCetakPDF
Selamat Pagi Mas Ariyanto

    Apa kabar…. baik ya….semoga lancar dan sukses selalu, perkenalkan nama saya Lukman.

    Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan.

       1. Kapan suatu usaha bisa di waralabakan atau di franchisekan.
       2. Apa nunggu usaha tsbt punya nama dan terkenal.
       3. Bidang saya dimakanan yaitu Nasi Goreng.
       4. Saya optimis sebab menurut saya Nasgor saya pertama di Indonesia.
       5. Kenapa saya pilih Nasgor menurut saya Nasgor sudah meng- Indonesia.
       6. Saya sudah memulai usaha Nasgor 3 tahun yang lalu, tahun pertama di Sby, tahun kedua dan ketiga di Malang  dan sekarang saya pindah ke Jakarta juga buka Nasgor tepatnya disebelah Ace Hardware Fatmawati Jak-Sel.
       7.Ada beberapa kreasi dan inovasi yang saya dapatkan selama berjualan Nasgor, dan belum saya expose. Saya           masih cari moment yg pas.
       8. Apa harus di Jkt utk sentral produksinya (dekat pasar yg potensial dgn asumsi daya beli OK), menurut saya di            Malang bahan baku lebih murah dan lengkap (komponen produksi).
       9. Saya optimis kalau produk Nasgor ini dilounching pasti banyak yang mengikuti,bagamana untuk mengatasi hal tersebut. apa saya harus cari investor yg mampu utk backup dana bila terjadi persaingan agar bisa mempertahankan the first, the best and different.

Sekian matur suwon.

Lukman
lukman_baitang@XXXX

--------------------

Salam Sukses pak Lukman...
Terimakasih atas perhatiannya. Insya Allah saya akan sempatkan buat mampir di rumah makan Nasi Goreng bapak. Kebetulan saya juga penggemar wisata kuliner. Saya sangat senang berburu makanan-makanan unik. Kapan-kapan saya pasti mampir ke tempat bapak. Sehubungan dengan pertanyaan bapak:

Kapan sebuah usaha bisa di waralaba kan ?.
Apa harus menunggu terkenal dulu ?

Sebuah  usaha bisa di franchise kan apabila: a. Memiliki Uniqes (ciri khas yang unik), b. Sudah terbukti menguntungkan, c. Mudah diduplikasi oleh mitra usahanya, d. Memiliki cash flow usaha yang baik selama 2 tahun (minimal).

Jadi menurut saya tidak harus menunggu nama tersebut terkenal terlebih dahulu bari di franchise kan. Namun demikian, sebuah usaha yang sudah memiliki nama besar tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan mitra waralaba, karena salah satu tujuan orang bergabung menjadi mitra waralaba adalah ingin agar usaha yang dibuka langsung laku. Jadi tidak perlu merintis dan memperkenalkan nama usahanya kepada publik. Itulah mengapa banyak perusahaan waralaba besar yang berani menetapkan harga mahal bagi brand produknya. Misalnya 500 juta untuk penggunaan merek selama 5 tahun. Itu karena mereka yakin bahwa dengan merek yang sudah terkenal itu, mitra waralaba akan mendapatkan keuntungan ganda ketika membuka usahanya. Karena dia bergabung menjadi mitra waralaba dari sebuah perusahaan yang sudah memiliki nama besar.

Bapak bisa menunggu sampai nama usaha bapak terkenal atau bisa juga mulai memasarkan waralaba bapak dari sekarang sambil mengupayakan agar usaha bapak menjadi makin terkenal. Dengan makin "besar" nya nama usaha bapak. Maka akan makin mudah pula bagi bapak untuk mendapatkan mitra waralaba. Dan makin besar pula potensi uang joint fee atau franchisee fee yang bisa bapak dapatkan. Karena orang tidak akan sayang keluar uang puluhan hingga ratusan juga untuk bisa menggunakan merek yang sudah terkenal.

Haruskah sentral produksinya di Jakarta ?

Menurut saya tidak harus. Justru pada saat ini banyak pengusaha waralaba yang memindahkan sentral  bisnisnya (terutama dalam hal produksi) ke luar Jakarta. Kenapa?. Karena mereka ingin effisiensi.  Kita tahu kan, biaya produksi di Jakarta  sangatlah tinggi, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya-biaya operasional lain. Makanya saya juga setuju jika banyak pengusaha waralaba mengalihkan kegiatan produksinya di daerah untuk menekan biaya produksi. Karena didaerah biaya bisa ditekan lebih rendah. Namun demikian untuk kegiatan pemasaran tetap saya sarankan menggunakan Jakarta sebagai "base" nya. Karena di Jakarta akses ke semua media (khususnya media nasional) lebih mudah dan cepat. begitu juga dengan urusan birokrasi yang sifatnya nasional, Jakarta lebih menguntungkan ketimbang didaerah. Karena pada di bisnis waralaba, makin besar lingkupnya akan makin menarik. Oleh karena itu bapak harus mensett bisnisnya dalam skala nasional. Dan itu akan menarik orang-orang daerah untuk menjadi mitra waralaba.

Jadi menurut saya. Jika saat ini bapak sudah merasa mantap dengan menu-menu spesial yang bapak miliki. Dan bapak yakin bahwa menu-menu tersebut unik dan menarik. Maka segera saja bapak  bikin konsep waralabanya.  Mulai dari business plan hingga  SOP (Standart Operating Procedure nya). Untuk nama bapak bisa pilih yang menarik perhatian orang (usahakan tidak lebih dari 3 kata. satu atau dua kata juga cukup bagus). Kemudian bapak juga harus mempersiapkan SDM khusus buat menangani dan menjalankan konsep waralaba tersebut. Karena kita tahu bahwa konsep bisnis waralaba memiliki potensi keuntungan yang berlipat ganda dan bapak bisa memiliki berbagai sumber penghasilan seperti: 1. pendapatan dari biaya joint fee / franchise fee, 2.pendapatan dari royalti fee,3.keuntungan dari penjualan peralatan, 4. Keuntungan dari penjualan bahan baku, 5.Keuntungan dari biaya training, dan sebagainya. Namun demikian karena menyangkut banyak orang. Maka potensi timbulnya masalahpun juga banyak setidaknya tiap 1 cabang waralaba memiliki 1 potensi masalah yang bisa timbul setiap saat. Nah, sebagai pengusaha waralaba hal-hal seperti itulah yang harus bapak siapkan dan antisipasi.


Haruskan mencari investor ?

Kalau bapak sudah memiliki modal kerja dan dana cadangan yang cukup saya rasa tidak perlu lagi mencari investor. karena bapak bisa meng-optimalkan dana yang bapak miliki saja. Mungkin suatu saat nanti bapak butuh untuk pengembangan usaha. Misalnya membuka Restauran Nasi Goreng dalam skala besar, baru bapak memikirkan kehadiran investor. Sementara waktu saya sarankan bapak cari saja investor-investor untuk menjadi mitra usaha bapak dalam artian sebagai mitra waralaba saja. Karena dengan cara ini bapak akan bisa membuka banyak cabang di banyak tempat tanpa mengeluarkan uang seperserpun dan bahkan bapak bisa mendapatkan banyak pendapatan dari cabang-cabang baru yang dibuka oleh mitra bapak.

Semoga jawaban saya cukup memadai. Jika ada pertanyaan lain silakan bapak kirim e-mail lagi. Atau suatu saat nanti kita bisa bertemu untuk mendiskusikan usaha bapak. Salam Sukses !!!

0 komentar: